Pages

17 September 2010

Alat Musik Favorit [GITAR]

Awal awal gue suka gitar pas aa gue udah mulai nge band. Pas saat itu juga dia di kasih gitar. Aa gue maen gitarnya dulu masih main kunci, belom ampe melodi(tapi sekarang pindah megang bass di band nya). Sejarah sejarah gitar sih lumayan banyak, tapi gue mau ceritain yg sedikitnya aja, di sini gue mau ceritain sejarah sampe cara mainin.
Sejarah :

Secara garis besarnya, gitar adalah instrument dengan senar yg terentang dari leher (neck) dengan garis-garis yang biasanya terbuat dari logam (fret), dan dilengkapi sama bagian kepala (headstock) serta peg yang berfungsi sebagai alat penyetem. Bolongan yg ada di tengah tengah gitar akustik itu fungsi nya sebagai ruang resonasi suaranya. Gitar biasanya ada 6senar. Tapi gitar yang jumlahnya empat, tujuh, delapan, sebelas, dua belas, tiga belas sampe delapan belas juga ada kok!



Sejarah instrumen gitar juga punya banyak versi dalam perkembangan dan tempat asli kelahirannya. Ada beberapa ahli yang ngeduga kalo awal moyang gitar berasal dari benua Afrika. Disana para ahli banyak nemuin replika modern berbentuk kotak bunder kayak kulit kerang dengan benang-benang sutra sebagai senarnya.

Ada juga ahli yang lain ngungkapin kalo mereka udah nemuin bentuk instrument ini dalam bentuk kaca di relief-relief batu tua di zaman Asia Tengah dan Asia Kuno. Bahan pemikiran lain juga nongol dengan ditemuinnya vas vas Yunani kuno yang bercorak. Di Yunani sendiri ada instrume berdawai yang bernama Greek Strings dan bisa dikategoriin sebagai gitar.

Gitar yang biasa kita temuin dulunya adalah sebuah perangkat instrumen yang hubungannya deket banget sama instrumen-instrumen berdawai yang dibikin dan dipake sama orang-orang Eropa. Intinya, Eropa adalah kampung kelahira instrumen ini.

Gitar elektrik adalah gitar yang pake kelengkapan pickup buat bikin getaran yang keluar dari senar baja jadi arus listrik dan suaranya digedein dengan instrumen ampli dan speaker.

Gitar elektrik sebenernya pertama kali udah dipake sama gitaris jazz. Para gitaris jazz saat itu udah mulai mengamplifikasi instrumen gitar hollow-body buat ngedapetin suara yang lebih kenceng pas eranya band band swing jazz. Gitar elektrik pertama dengan tungsten steel pickup diciptain sama perusahaan Rickenbacker pada tahun 1931. Ketika gitar-gitar solid-body elektrik gitar pertama justru diraih sama merek gitar Fender Esquire pada tahun 1950.

Instrumen gitar elektrik inilah yang ikutan ngembaing berbagai macam jenis aliran musik sejak akhir tahun 1940 kayak blues, awal era rock n' roll sampe era rockabilly.

 Gitaris gitaris asik yang udah sangat terkenal contohnya : Jimi Allen Hendrix(terus berubah jadi James Marshall Hendrix), Jimmy Page(biasanya pake gitar Gibson Les Paul, Gibson EDS-1257 *doubleneck, dan Fender Telecaster), Eric Clapton(sering dijuluki 'The Slowhand'), Slash (Gibson ngebikin gitar Slash Les Paul Gold Top dan Slash Les Paul Standard buat doi), Tom Morello (ngandelin efek Digitec Whammy dan Jim Dunlop Cry Baby buat bikin Suara-suara aneh kaya suara turntable dan robot ), Zacky Vengeance (gitaris kidal dari Avenged Sevenfold ini biasa make gitar Schecter), Synyster Gates (nama asli nya Brian Elwin Haner, Jr. anak dari Brian Elwin Haner, Sr. ini juga gitaris kondang dari Avenged Sevenfold. Sama kayak Z.V doi juga suka mainin gitar Schecter)

Merk-merk gitar kondang :
Fender : Fender Musical Instruments Corporation, markas besarnya ada di kota Scottsdale yang ada di wilayah negara bagian Arizona, Amerika.

Fender

Gibson : Pabrik Gibson Guitar Corpration yang markasnya di kota Nashville, Tenessee, Amerika Serikat.

Gibson

Ibanez : Gitar ini didirikan sama orang Jepang yang bernama Hoshino Gakki. Markasnya saat ini di kota Nagoya, Aichi, Jepang.

Ibanez

Yamaha : Dulunya perusahaan ini berdiri dengan label Nippon Gakki Company Limited (Nippon Gakki Seizo Kabushiki Gaisha/Literally Japan Musical Instrument Manufacturing Co.) didirikan oleh seorang pekerja keras Jepang yang bernama Torakusu Yamaha di kota Hamamatsu, Shizouka.

Yamaha


Cara mainin gitar :
Bagi orang yg belom ngerti gitar,gitar dimulai dengan pengenalan kunci antara mayor dan minor, dan kemudian setelah mengenal kunci-kunci tadi, maka selanjutnya yang harus diketahui adalah menggabungkan antara kunci yang satu dengan kunci yang lain, sehingga akan menjadi suatu nada yang enak untuk didengarkan.

Kunci dasar gitar terdiri dari A sampai G dan dari masing-masing kunci dasar itu memiliki kunci lain yang namanya disebut dengan minor.

Ga banyak orang juga yang ga bisa gitar, hampir semua orang tau yg namanya gitar. Penjelasan gitar itu kaya gini

Senar : senar di itung dari bawah, jadi senar yg paling bawah (e) itu di sebut senar satu jadi
senar 1 (e)
senar 2 (b)
senar 3 (g)
senar 4 (D)
senar 5 (A)
senar 6 (E)


Jari jemari :
Telunjuk nomor 1
Tengah nomor 2
Manis nomor 3
Kelingking nomor 4


Fret : Fret adalah garis garis logam yang gunanya nentuin nada.
Fret diitung dari yang paling deket sama headstock

Awal awal sih pasti sakit, nanti kalo udh biasa juga ga bakal sakit. 





0 komentar:

Posting Komentar